SMP GLOBAL ANDALAN TURUT MEMERIAHKAN PEKAN SENI BUDAYA RIAU KOMPLEK 2019


          Pekan Seni Budaya merupakan salah satu bentuk implementasi pelestarian budaya yang berfokus untuk menyajikan, menghadirkan, dan memprakarsai pelaku seni dalam rangka pelestarian budaya. Di era disrupsi teknologi informasi ini, kegiatan Pekan Seni Budaya bisa menjadi peluang besar untuk memperkenalkan berbagai macam budaya yang ada kepada generasi muda agar budaya asal nenek moyang tidak terkikis oleh zaman.
          Mengapresiasi kebudayaan daerah perlu dilakukan secara konsistensi dan serius. Hal inilah yang membuat PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) konsisten menggelar Pekan Seni Budaya (PSB) mulai 20-26 Oktober 2019 di Pangkalan Kerinci, Pelalawan. Kegiatan PSB ini rutin dilaksanakan setiap tahun sejak 2004 silam. Tahun 2019 ini, PSB mengangkat tema “Dengan Pentas Seni dan Budaya Mari Menjaga Keharmonisan di Riau Komplek”. Melalui PSB yang diadakan oleh PT RAPP, SMP Global Andalan turut menjadi pengisi acara dalam kegiatan tersebut agar para siswa tidak hanya menampilkan pertunjukan seni semata melainkan dapat memahami dan memaknai keberagaman budaya Indonesia termasuk yang ada di Riau Komplek.
          SMP Global melalui tampilan marching band memeriahkan pawai pada pembukaan PSB 2019. Meskipun diguyur hujan, ratusan peserta berbalut kostum tradisional dari berbagai daerah di Indonesia sangat antusias mengikuti iring-iringan pawai budaya. Semangat mereka tak kunjung padam walau derasnya air hujan. Wakil gubernur Riau ikut meresmikan acara pembukaan PSB tersebut. Tari-tarian dari berbagai daerah ditampilkan dalam pembukaan tersebut yang mengisyaratkan bahwa perbedaan dapat disatukan melalui seni.
          Saat ini ada 11 paguyuban yang mengikuti PSB  Riau Komplek 2019, diantaranya PERMASA (Persatuan Masyarakat Aceh), HIKMAT (Himpunan Keluarga Muslim Asal Tapanuli), IKABA (Ikatan Keluarga Batak Toba), IKMR (Ikatan Keluarga Melayu Riau), IKM-RK (Ikatan Minang Riau Komplek), IKN (Ikatan Keluarga Nias), IKAS (Ikatan Keluarga Asal Sumatera Selatan), Pandan Wangi (Asal Pasunda, Jawa Barat), PUNGGAWA (Paguyuban Tunggal Warga), IKT (Ikatan Keluarga Tiong Hoa). Setiap paguyuban menampilkan ciri khas seni dan budayanya. Begitu juga dengan SMP Global yang tidak mau kalah dengan stand yang lain. SMP Global mendesain stand mereka dengan gapura yang eksentrik ditambah dengan foto booth yang menarik pengunjung tentunya. Di dalamnya terdapat pameran hasil karya anak pengembangan Matematika, IPA, IPS, Prakarya, dan Seni Lukis.


          Malam kedua siswa kelas 9 SMP Global menampilkan tarian Tobelo dari Maluku Utara. Tampilan disambut tepuk tangan meriah penonton. Kemudian dilanjutkan dengan tampilan dari paguyuban-paguyuban lainnya. Direktur PT RAPP, Bapak Ali Sabri mengunjungi stand SMP Global Andalan. Anak-anak sangat antusias melakukan foto bersama.


          Malam ketiga SMP Global menampilkan vokal solo dari siswa ekskul seni musik, yaitu Jojo dan musikalisasi puisi dari siswa ekskul sastra dengan puisi “Perjalanan Kubur” karya Sutardji Calzoum Bachri yang berisikan tentang siklus perjalanan hidup. Sungguh penampilan yang memukau penonton yang hadir. Penghayatan dan pengejawantahan puisi yang dibacakan membuat semua penonton terpukau.


          Malam selanjutnya siswa kelas 7 menampilkan tari Tor-Tor yang berasal dari Sumatera Utara. Tampilan yang menawan dengan balutan ulos dan lenggak-lenggok gerakan badan mereka membuat penonton ikut menari bersama alunan musiknya. Malam kelima giliran kelas 8 yang menampilkan tari Rentak Bulian dari Indragiri Hilir. Tarian ini merupakan ritual untuk pengobatan yang bernuansa mistis. Kostum bernuansa hitam dan merah menandakan kesan misteri. Dalam tariannya anak-anak menggunakan gelang kaki agar ketika melakukan gerakan hentak lebih terdengar hentakannya. Hal itu tentu saja membuat penonton terhipnotis. Tepuk tangan yang meriah mengakhiri jalannya tarian tersebut.


          Malam terakhir anak-anak Pasus berkolaborasi dengan Marching Band dan Padus. Selanjutnya pengumuman pemenang lomba. Adapun yang menjadi juara umum pada PSB tahun 2019 adalah Ikatan Keluarga Melayu Riau (IKMR) dan yang menjadi panitia PSB tahun 2020 adalah PUNGGAWA.