0761 5901075 - 0761 5901630
admin@smpglobalandalan.sch.id

04

Nov

Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah SMP Global Andalan


PangkalanKerinci/4/11/2022  Keputusan perubahan kurikulum yang dipelopori oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia Nadiem Makarim  pada Kabinet Indonesia Maju, yang mengharapkan  murid  dapat memanfaatkan ilmunya dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan bernalar kritis  dan kreatif untuk menjadi manusia yang lebih merdeka di masa depan. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang memiliki dimensi  profil pelajar pancasila diantaranya, Beriman Bertaqwa Kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, Berkebinekaan Global,Bergotong Royong, Mandiri,Bernalar Kritis, dan Kreatif.  Ada beberapa tema yang disepakati pihak sekolah yaitu Bangunlah Jiwa dan Raga, Kearifan Lokal, dan Kewirausahaan yang akan dilaksanakn untuk TP.2022/2023 di SMP Global Andalan.

Setelah proses Projek yang sudah diselenggarakan selama tiga bulan yang dimulai pada bulan Agustus 2022, tibalah saatnya  tahap publikasi karya yang dikemas dalam bentuk Gelar karya dengan tema “Semangat Jiwa Pancasila” yang diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 3 November 2022. Dengan mengundang seluruh orang tua dari siswa kelas VII, VIII,Komite Sekolah, dan tidak kalah penting Pimpinan Yayasan Kerinci Citra Kasih (YKCK) Bapak Jansen Yudianto, yang juga memberikan kata sambutannya di hari itu. Memberikan tanggapan bangganya terhadap program Kurikulum Merdeka yang sudah terlaksana di Sekolah SMP Global Andalan.

Acara dari masing-masing tema sangat meriah, siswa kelas tujuh begitu antusias melaksanakan projeknya yang sudah diikuti tiga bulan ini, mulai dari tema Bangunlah jiwa dan Raga yang menampilkan karya pembacaan puisi, pembuatan poster dengan tema yang terkait Bangunlah Jiwa dan Raga, serta pemutaran dua  film pendek yang merupakan Karya dari siswa kelas VII C . Begitu banyak proses yang sudah dilalui mereka mulai dari kontekstualisasai, aksi dan refleksi hingga karya dipublikasikan. Tema lain yang juga tidak kalah yaitu dari kearifan lokal yang menampilkan beberapa tari tradisional melayu yang dengan indah dan lincah ditampilkan mulai dari Tari Manggar, Rentak Bulian, dan Laila Canggung. dan tema yang terakhir yaitu Kewirausahaan yang mengajarkan kepada siswa untuk mengetahui produk makanan dan minuman nusantara dengan konten kekinian yang memiliki nilai daya jual.

Cuaca yang mendukung membuat gelar karya semakin meriah, setiap fasilitator dan panitia membimbing dan menjalankan tugasnya masing-masing sehingga acara berjalan sesuai target dan waktu yang diperkirakan. Tim dari kewirausahaan kelelahan melayani konsumen yang terdiri dari siswa dan orang tua yang begitu semangat antre demi mencicipi aneka kuliner yang dimasak siswa. Semua makanan yang dimasak terjual habis.

Sudut lapangan yang dihiasi beberapa spot foto  dan galeri karya dari bangunlah jiwa dan raga rame dikunjungi tamu, siswa, dan juga guru  hanya untuk sekedar berswafoto dengan anaknya serta anggota keluarga lainnya.

Gelar karya yang dimulai pada pukul 08.000 hingga pukul 11.00 Wib berjalan sesuai rencana, dan tanpa ada hambatan satupun. Di harapkan Projek P5  yang berikutnya lebih meriah lagi dan tetap berjalan lancar dan juga dapat memberikan motivasi untuk sekolah lain yang belum melaksanakan Kurikulum Merdeka. Harapan yang paling besar semoga dengan kegiatan yang diselenggarakan ini dapat menjadikan karakter siswa SMP Global Andalan semakin kreatif,mandiri dan berani menghadapai rintangan yang akan mereka hadapi dimasa depan dengan bijaksana dan optimis  sehingga mereka mencapai kehidupan yang merdeka ujar Kepala Sekolah SMP Global Andalan Bapak Adven Daeli.